Saturday, April 2, 2016

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah



Sesuai judul, ini adalah tulisan tentang cara membuat website gratis dan mudah. Hanya perlu beberapa langkah maka website kita sudah siap diluncurkan.

Langkah 1: Perkenalan
Kita harus mengenal dulu apa itu website dan apa saja faktor yang bisa mewujudkan website itu. Website adalah ciptaan tuhan dan dengan kehendak-Nya-lah sebuah website akan tercipta. Camkan itu dulu dalam hati. Karena ini langkah yang sangat penting. Apa gunanya punya website bayak tapi tidak beriman? Sungguh dunia hanyalah fana.

Langkah 2: Pedekate
Kita cari tahu hobi dari website dan siapa saja yang dekat dengannya. Jangan belum tahu apa-apa sudah langsung nembak. Ntar ditolak, lho. 

Website sangatlah memerlukan hoster untuk bisa online di dunia maya. Hoster adalah penyedia layanan yang bertugas menyimpan data dan menayangkan website.

Langkah 3: Eksekusi
Sesuai judul, ini adalah guide untuk membuat website yang gratis dan mudah. Jadi, yang harus kita lakukan adalah menemukan hoster yang mau nyimpan data dan menayangkan website kita secara gratis.

Banyak sekali hoster di luar sana yang menyediakan layanan gratis. Namun dengan syarat dan ketentuan berlaku tentunya.

Salah satunya adalah Byethost. Beliau menyediakan layanan gratis yang lumayan untuk dimanfaatkan, seperti yang saya terapkan pada situs random saya http://bacaanmu.top/. Control panel yang newbie-friendly dan pilihan sub-domain yang lumayan banyak.

Sign up atau mendaftar dulu kepada beliau. Sebelum daftar, ucap Bismillah dulu, biar berkah.

Setelah mendapat login information, masuklah ke dalam contol panel. Di dalam control panel kita aka ditanyai apakah kita memerlukan bantuan atau tutorial. Bagi yang benar-benar baru mencoba bikin website, ada baiknya cari jodoh.
Setelah itu, pilihlah sub-domain sebagai alamat situs kita nanti. Karena ini layanan gratisan, maka kita hanya diberi pilihan sub-domain. Contohnya domainmu.subdomain.com. Atau kita bisa beli domainnya secara terpisah, jadi alamat situsnya nanti domainku.com. Tapi kalau beli namanya bukan gratis lagi dong. Jadi gak usah belilah.
Setelah sub-domain diciptakan, maka data situs kita sudah siap diisi.
Sekali lagi, sesua judul, kita hanya memakai metode paling mudah buat bikin situs. Yaitu install script. Jadi kita gak perlu bikin situs dari kode-kode HTML atau apalah namanya itu. Apalagi kalau kodenya kurang keras. Ntar malah dibilang gak peka.

Installah script melalui softaculous yang terletak di sebelah kiri menu sub-domain tadi.
Melalui installer itu kita bisa install wordpress, situs online shop bahkan forum. Tapi yang paling mudah memang wordpress.

Setelah wordpress terinstall, maka situs kita sudah siap tayang. Tinggal isi kontennya.

Ya, itulah salah satu cara membuat website gratis dan mudah. Semoga bermanfaat bagi saya.

No comments:

Post a Comment